aLL aBoUt tEeNeGeRs

blog iNi mEngUlAs tEntAng rEmAjA,sEcArA kEseLurUhAn...

bOotiNg.... 12.07

A.Pengertian Booting.
Untuk mengaktifkan komputer, minimal dibutuhkan 3 komponen yaitu Hardware, Software, dan user (brainware).secanggih apapun hardware dan software yang digunakan tanpa kemampuan user yang baik,maka kemampuan komputer tersebut menjadi sia-sia.langkah awal dalam mengoperasikan komputer adalah proses booting.BOOTING ADALAH PROses pemasukan arus listrik pada peralatan komputer sehingga komputer dapat beroperasi penggunadengan komponen dasar berupa program yang menghubungkan dengan komputer adalah sistem operasi.sistem operasi dalam bentuk disket disebut DOS dan jika dalam bentuk tape disebut TOS.tahap awal proses booting yang dilakukan oleh sistem operasi adalah bootstrap loader yang bertujuan untuk melacak semua I/O yang terpasang pada komputer.cara booting ada 2 macam yaitu booting komputer dari keadaan mati yang dikenal sebagai Cold Booting,dan booting pada saat sedang hidup dikenal sebagai Warm Booting.



B.Cold Booting.
setiap pengguna yang baru mulai bekerja dengan komputer yang tadinya mati harua terlebih dahulu menghidupkan power.proses ini dinamakan booting dingin.untuk melakukan cold booting langkahnya adalah sebagai berikut:

1.pastikan bahwa kabel pada power suply atau listrik sudah terpasang dengan baik.
2.hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor.
3.tekan tombol power pada bagian depan CPU.
jika dekstop sudah tampil,artinya komputer sudah dapat digunakan.Dekstop merupakan langkah awal untuk memasuki dunia komputer.Keunggulan dari penggunaan dekstop adalah ikon - ikon shortcut yang ada pada wallpaper. Ikon - ikon ini dapat di klik dengan menggunakan mouseuntuk memasuki program yang bersangkutan.Mouse dapat dioperasikan dengan menggerakkanya.Indikator mouse merupakan tanda panah pada Dekstop.
4.Klik tombol start
Setelah tombl di klik maka akan muncul menu pada dekstop.Untuk mematikan komputer kita dapat menggunakan menu start yang ada di kiri bawah dekstop.Setelah tombol start di klik maka di bagan bawah menu ada dua tombol yaitu : Log off dan Turn off. Untuk mematikan komputer klik pada tombol turn off.
5.Klik Turn off komputer
Stand by : mengistirahatkan komputer,tapi komputer tetap hidup.
Turn off : mematikan komputer
Restart : mem booting ulang
cancel : membatalkan perintah untuk mematikan komputer
6.Pilih Turn off Komputer
Menghidupkan komputer seharian penuh lebih baik daripada menghidup mematikan komputer beberapa kali dalam sehari.Di samping untuk menjaga software dan hardware juga untuk menghemat energi listrik.

C. Warm Booting
Komputer yang sedang beroperasi mengalami gangguan yang menyebabkan komputer menjadi hang ,hingga harus di Booting ulang.Booting komputer dalam keadaan hidup dikenal dengan Warm Booting.Caranya adalah mengikuti langkah 4 dan 5 di atas.

0 komentar:

Posting Komentar